GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG TANDA BAHAYA KEHAMILAN PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI RUMAH SAKIT UMUM IMELDA PEKERJA INDONESIA 2018

  • Resy Tesya Mulianda STIKes IMELDA
  • Aprita Mustiana STIKes Imelda Medan

Abstract

Kehamilan adalah suatu proses pembuahan dalam rangka melanjutkan keturunan sehingga menghasilkan janin yang akan tumbuh di dalam rahim seorang wanita (Waryana, 2010). Motif atau motivasi berasal dari kata latin moreve yang berarti dorongan dari dalam diri manusia untuk bertindak atau berperilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan pada ibu hamil trimester III. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan. Dengan besar sampel 30 orang. Penelitian dilakukan pada tanggal 19 November 2018 sampai 30 November 2018 yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuisioner penelitian. Adapun hasil penelitian yang didapat adalah dengan tingkat pengetahuan ibu mayoritas berpengetahuan baik sebanyak 17 orang (56,7%). Berdasarkan pendidikan ibu mayoritas berpendidikan baik SMA sebanyak 9 orang  (30%).berdasarkan Pekerjaan ibu mayoritas Ibu rumah Tangga mayoritas 14 orang (46,7%). Berdasarkan paritas ibu mayoritas baik sebanyak 9 orang (30%). Adapun saran dalam penelitian ini adalah bagi responden diharapkan dapat menambah pengetahuan pada ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan Trimester III.


 


Kata kunci : Pengetahuan, Ibu Hamil, Tanda Bahaya Kehamilan.

Published
Mar 25, 2019
How to Cite
MULIANDA, Resy Tesya; MUSTIANA, Aprita. GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG TANDA BAHAYA KEHAMILAN PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI RUMAH SAKIT UMUM IMELDA PEKERJA INDONESIA 2018. JURNAL ILMIAH KEBIDANAN IMELDA, [S.l.], v. 5, n. 1, mar. 2019. ISSN 2597-7180. Available at: <http://ojs.stikes-imelda.ac.id/index.php/jiki/article/view/347>. Date accessed: 19 oct. 2019.