FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPATUHAN PASIEN HIV/AIDS DALAM KEGIATAN LAYANAN DI KOMITE AIDS HKBP KABUPATEN TOBA SAMOSIR TAHUN 2017

  • Elfrida Nainggolan AKPER HKBP Balige

Abstract

HIV/AIDS merupakan masalah kesehatan global di seluruh dunia. Adapun kegiatan layanan penanggulangan HIV dan AIDS terdiri pengobatan, dukungan dan perawatan (PDP), Konseling dan Rehabilitasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi kepatuhan pasien HIV/AIDS dalam kegiatan layanan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif cross sectional. Populasi adalah seluruh pasien HIV/AIDS yang berobat pada bulan januari- april 2017. Berjumlah 88 orang, teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah divalidasi, analisa data yaitu analisis univariat, analisis bivariat dan analisis multivariat. Hasil uji statistik diperoleh nilai p = 0,000 maka dapat disimpulkan faktor kegiatan layanan secara signifikan mempengaruhi kepatuhan pasien HIV/AIDS dalam kegiatan layanan di Komite AIDS HKBP Kabupaten Toba Samosir Tahun 2017.


 


Kata Kunci: Kegiatan Layanan, HIV/AIDS, Pasien

Published
Mar 25, 2019
How to Cite
NAINGGOLAN, Elfrida. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPATUHAN PASIEN HIV/AIDS DALAM KEGIATAN LAYANAN DI KOMITE AIDS HKBP KABUPATEN TOBA SAMOSIR TAHUN 2017. JURNAL ILMIAH KEBIDANAN IMELDA, [S.l.], v. 5, n. 1, mar. 2019. ISSN 2597-7180. Available at: <http://ojs.stikes-imelda.ac.id/index.php/jiki/article/view/351>. Date accessed: 19 oct. 2019.