PENGETAHUAN TANDA BAHAYA KEHAMILAN DAN PERILAKU PERAWATAN KEHAMILAN PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PUSKESMAS BESTARI MEDAN TAHUN 2017

  • Eva Nirwana Natalia Hutabarat STIKes IMELDA
  • Serin Widya Lestari STIKes IMELDA MEDAN

Abstract

Kehamilan merupakan peristiwa yang alamiah, mulai dari terjadinya pembuahan (konsepsi) hingga proses pertumbuhan janin di dalam rahim. Proses kehamilan yang normal terjadi selama 40 minggu antara waktu menstruasi terakhir dari kelahiran (38 minggu dari pembuahan). Salah satu penyebab tingginya angka kematian ibu adalah komplikasi kehamilan yang dapat muncul melalui tanda bahaya kehamilan. Pengetahuan ibu hamil dalam mengenali tanda bahaya dapat menjadi salah satu penentu perawatan kehamilan untuk mencegah komplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tanda bahaya kehamilan dengan perilaku perawatan kehamilan pada ibu hamil trimester III. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik consecutivesampling dengan responden penelitian berjumlah 96 ibu hamil trimester III yang sedang melakukan kunjungan antenatal care. Penelitian dilakukan di Puskesmas Bestari Medan pada tanggal 15 sampai dengan 20 januari 2017. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan secara statistik antara pengetahuan tanda bahaya kehamilan dengan perilaku perawatan kehamilan pada ibu hamil trimester III (p= 0,135; α= 0,05). Peneliti memberikan rekomendasi kepada petugas kesehatan agar lebih memotivasi ibu hamil untuk merawat kehamilan dengan baik.


 


Kata Kunci: Kehamilan, Pengetahuan, Perawatan Kehamilan, Tanda Bahaya Kehamilan

Published
Sep 21, 2019
How to Cite
HUTABARAT, Eva Nirwana Natalia; LESTARI, Serin Widya. PENGETAHUAN TANDA BAHAYA KEHAMILAN DAN PERILAKU PERAWATAN KEHAMILAN PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PUSKESMAS BESTARI MEDAN TAHUN 2017. JURNAL ILMIAH KEBIDANAN IMELDA, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 679-685, sep. 2019. ISSN 2597-7180. Available at: <http://ojs.stikes-imelda.ac.id/index.php/jiki/article/view/434>. Date accessed: 19 oct. 2019.