PENGARUH PEMBERIAN AROMATHERAPI JAHE TERHADAP PENURUNAN MUAL DAN MUNTAH PADA PASIEN KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RUMAH SAKIT UMUM IMELDA PEKERJA INDONESIA MEDAN TAHUN 2017

  • Rostinah Manurung STIKes IMELDA

Abstract

Aromaterapi jahe merupakan salah satu terapi komplementer pada penderita kanker yang mengalami mual muntah setelah menjalani kemoterapi. Mual dan muntah dapat menurunkan aktivitas sehari-hari dan menyebabkan pasien kanker hanya dapat berbaring ditempat tidur dan tidak dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas. Tujuan penelitian untuk mengidenifikasi pengaruh aromaterapi jahe terhadap mual muntah pada pasien kanker. Desain penelitian adalah pre-experimental dengan  desain post test only design. Tehnik pengambilan sampel dengan accidental sampling yang terdiri dari 30 responden.  . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemberian aromtherapi jahe di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan mayoritas dengan kategori baik sebanyak 23 responden (76,6 % )dan kategori minoritas atau kurang sebanyak 4 responden( 13,3 % ) .  kesimpulan hasil penelitian adalah responden yang menjalani kemoterapi  di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan mengalami penurunan mual dan muntah sekitar 76,6 % . hal ini  disebabkan karena aromaterapi jahe yang dapat memblok serotonin yaitu suatu neurotransmitter yang disintesiskan pada neuro-neuro serotonergis dalam sistem saraf pusat dan sel-sel enterokromafin yang dapat memberikan perasaan nyaman sehingga dapat mengatasi mual dan muntah.


 


Kata kunci: Aromaterapi Jahe, Mual dan Muntah, Kanker, Kemoterapi.

Published
Jul 28, 2018
How to Cite
MANURUNG, Rostinah. PENGARUH PEMBERIAN AROMATHERAPI JAHE TERHADAP PENURUNAN MUAL DAN MUNTAH PADA PASIEN KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RUMAH SAKIT UMUM IMELDA PEKERJA INDONESIA MEDAN TAHUN 2017. JURNAL ILMIAH KEPERAWATAN IMELDA, [S.l.], v. 4, n. 1, july 2018. ISSN 2597-7172. Available at: <http://ojs.stikes-imelda.ac.id/index.php/jilki/article/view/44>. Date accessed: 19 oct. 2019.